Semangat dalam derita

Semangat dalam derita

Berbicara tentang penderitaan,y ang terpikir oleh benak kita pertama adalah kemalangan atau kesedihan yang terjadi, dan pengertian penderitaan itu sendiri adalah menanggung/merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Hal yang tidak ingin dialami manusia mungkin adalah merasakan penderitaan yang sangat menyedihkan atau membuat kita terpukul. Sebelum berbicara mengenai penderitaaan, mungkin hampir setiap orang dimuka bumi ini berprinsip bahwa pendidikan adalah yang paling utama, begitu juga halnya dengan saya. Bagi saya, jika manusia tidak mempunyai ilmu maka bisa dikatakan hidupnya sia-sia. Mengapa demikian? Karena, seberapa besar harta yang kita miliki dimuka bumi ini tetapi jika otak kita tidak berisi akal dan pikiran maka semua harta kita bisa hilang seketika.
Kembali lagi dengan masalah penderitaan, semua orang pasti pernah merasakan bagaimana menderita, begitu pun dengan saya. Saya akan menceritakan sedikit tentang itu. Pada waktu selesai ujian nasional SMA pasti semua siswa merasakan hal was-was mengenai hasil kelulusan mereka masing-masing. Begitu juga jika setelah lulus SMA, semua siswa berlomba-lomba untuk mengikuti berbagai macam cara supaya bisa masuk perguruan tinggi negeri. Apapun dilakukan dengan mereka asalkan bisa lolos, walaupun harga setiap test yang diikuti cukup besar, tetapi sebagian dari mereka tidak peduli begitu pun dengan para orangtua. Saya pun demikian, jika ada test dari PTN sebisa mungkin saya mengikutinya. Pada waktu itu, test yang saya ikuti jika tidak salah adalah, UMB, SIMAK UI,SNMPTN. Tetapi mungkin bukan rejeki saya untuk menduduki salah satu kursi PTN tersebut. Yah sangat sedih dirasa karena kita sudah berusaha semaksimal mungkin tetapi hasilnya yang kurang memuaskan. Awalnya yang dirasakan pertama adalah sangat sedih dan merasa kecewa. Karena setiap test yang diikuti,sebelumnya sudah menyiapkan diri dengan belajar semaksimal mungkin. Yah, apa boleh buat ternyata semua itu tidak diadapatkan. Tetapi satu hal, yaitu mungkin TUHAN mempunyai rencana lain untuk saya mengapa itu semua terjadi karena rencana-NYA indah pada waktunya. Dan sekrang pun saya sudah terbiasa oleh semua ini dan saya bisa lebih kuat menjalaninya tanpa larut dalam kesedihan. Dan jika kita mengalami penderitaan, sebaiknya jangan larut dalam kesedihan, karena penderitaan adalah awal dari kesuksesan.

By christin

Tinggalkan Balasan

