Manfaat Berorganisasi serta Metodenya

Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi penting untuk melancarkan atau mempermudah suatu tugas atau perencanaan karena didalam suatu organisasi mempunyai struktural tugas sehingga setiap orang mempunyai bagian masing-masing untuk mencapai suatu tugas atau perencanaan tersebut(tujuan). Seperti contoh organisasi yaitu, jika kita berada di sebuah lingkungan sekolah atau rumah, kita harus saling berorganisasi antar satu sama lain. Seperti disekolah, contoh organisasi kecil yang sering kita ikuti adalah diskusi kelompok dimana satu sama lain mempunyai pendapat yang berbeda dan pada akhirnya pendapat tersebut dapat disatukan, sehingga dengan demikian kita dapat berinteraksi satu sama lain . Atau contoh organisasi yang agak besar adalah osis, karena dalam organisasi tersebut kita dituntut untuk saling berorganisasi satu sama lain. Dimana setiap orang yang ikut dalam organisasi tersebut diberikan tugas dan tanggung jawab masing-masing sehingga kita dapat mengenal satu sama lain. Dalam lingkup yang lebih besar, organisasi dapat dipakai sebagai suatu sarana untuk mensejahterakan kehidupan manusia. Dengan contoh, suatu susunan kepemerintahan yang berpusat pada presiden. Organisasi dalam kepemerintahan mempunyai tujuan untuk memajukan suatu negara dengan pengembangan di setiap aspek oleh bagian-bagian organisasi kepemerintahan tersebut.
Sedangkan metode adalah suatu cara yang menjadi pasti untuk mengerjakan atau menyelesaikan suatu pekerjaan. Sehubungan dengan upaya ilmiah, maka metode menyangkut masalah cara kerja untuk memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode itu sendiri berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan.
Jadi, pengertian organisasi dan metode adalah rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen. Dan tujuan dari keduanya adalah untuk memberikan suatu permasalahan yang akan dipecahkan sesuai dengan tujuan bersama.
Maka dari itu kita sebagai warga negara baiknya saling berorganisasi dengan sekitar kita karena selain kita dapat mengenal satu sama lain kita juga bisa tahu informasi-informasi penting dan supaya dalam berorganisasi kita baik, kita juga dapat menyeimbangkannya dengan metode-metode yang ada supaya dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan tujuan yang sama.

Sumber : id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
daudwangsabrata.wordpress.com/2011/03/18/organisasi-dan-metode/

By christin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s