Faktor Motivasi

Motivasi adalah suatu perasaan menginginkan sesuatu yang ingin diraih atau dicapai dengan semangat ( spirit ) tidak gagal untuk mencapainya. Motivasi sendiri sering dikatakan semangat yang berapi-api dengan tujuan tertentu. Banyak hal yang dijadikan motivasi, karena setiap manusia tidak akan pernah luput dari suatu keinginan karena manusia itu dapat dikatakn sebagai mahluk yang tidak akan pernah bisa puas. Maka dari itu biasanya hampir semua manusia mempunyai motivasi dalam hidupnya.
Dalam kehidupan, motivasi juga tujuan hidup, tanpa adanya motivasi seorang manusia akan kehilangan arah hidup atau tanpa tujuan yang jelas apa yang ingin dicapainya dalam hidup. Maka itu sering kali manusia-manusia tanpa motivasi atau gagal dalam meraih apa yang dimotivasikan mengakhiri hidupnya. Motivasi dalam kehidupan juga sering membuat seseorang gelap mata karena terlalu sulit rencana ( motivasi ) untuk diwujudkan, sering kali menghalalkan segala cara/dengan cara-cara curang dan licik. Inilah yang membuat motivasi menjadi sesuatu yang salah.
Motivasi dalam tujuannnya terbagi dalam 2 jenis yaitu motivasi jangka pendek ( keinginan kecil ) atau motivasi dalam jangka panjang ( cita-cita ). Banyak sekali hal yang dapat mempengaruhi suatu motivasi biasanya hal-hal ini mengacu pada tujuan motivasi itu sendiri. Karena setiap motivasi yang ingin dicapai pasti ada halangan dan cobaannya masing-masing untuk dapat diraih.
Berikut beberapa hal yang mempengaruhi motivasi secara global:
• Tujuan motivasi itu sendiri. Motivasi yang mudah dicapai akan lebih membuat yang mempunyai motivasi tersebut lebih menganggap remeh tetapi bila sulit dicapai akan membuat lebih serius dan gigih untuk bisa mencapainya atau bahkan bisa menghalalkan segala cara untuk mencapainya
• Jangka waktu untuk mencapai motivasi tersebut. Bila jangka waktu yang ada pendek akan lebih memacu untuk dicapai daripada yang mempunyai jangka waktu yang panjang
• Halangan dan cobaan dari tujuannya. Bila halangan mudah akan lebih membuat motivasi tersebut menjadi lebih dibanding dengan suatu tujuan yang sulit bahkan apabila terlalu sulit banyak yang belum mencoba tetapi sudah tidak ada motivasi untuk mencapainya
• Kepentingan motivasi tersebut. Bila motivasi ini terjadi untuk diri sendirinya biasanya akan lebih bila dibandingkan untuk orang lain dan apabila sesuatu yang penting akan lebih memotivasi dibandingkan motivasi-motivasi yang bertujuan untuk kesenangan,dll.
Biar bagaimanapun motivasi tersebut terjadi ialah sebagian dari kehidupan, motivasi adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap manusia. Karena dengan adanya semangat, motivasi akan membuat hidup lebih bersemangat untuk di jalani.

By christin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s