Kekuasaan dan Politik

Kekuasaan dan Politik

Kekuasaan adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu yang tanpa kuasa ( kekuasaan ) tersebut tidak akan terjadi sedangkan politik itu sendiri yang berasal dari kata politeia berarti kiat untuk memimpin kota. Dengan demikian kekuasaan politik adalah kemampuan untuk membuat masyarakat dan negara untuk membuat sesuatu keputusan yang tanpa kekuasaan tersebut tidak dapat dibuat oleh mereka.
Dalam suatu negara biasanya kekuasaan politik dimiliki oleh suatu organisasi yang berbeda-beda dengan atau tanpa mengabaikan pendapat dan suara lain dari masyarakat negara tersebut agar tercapai suatu keadilan dan pemerataan terhadap masyarakat tersebut. Seperti di Indonesia, kekuasaan politik tertinggi dipegang oleh tiga bagian penting yaitu : MPR, DPR dan Presiden. Dengan kerjasama mereka maka tercapai suatu keadaan dalam masyarakat di Indonesia.
MPR dan DPR merupakan lembaga tertinggi Negara yang mendapatkan kekuasaan politik tertinggi dinegara Indonesia yang terdiri dari beberapa partai politik yang anggotanya terpilih oleh masyarakat karena lembaga ini untuk masyarakat maka anggotanya pun harus dipilih oleh masyarakat berdasarkan undang-undang yang berlaku. Sedangkan Presiden merupakan kepala suatu negara yang bekerja dibantu oleh para menteri pada kabinetnya. Biasanya tugas dari presiden dan kabinetnya adalah untuk mengelola negara Indonesia dari berbagai aspek untuk kesejahteraan rakyat.
Dalam pelaksanaannya tiga bagian penting kekuasaan politik Indonesia tersebut mempunyai tugas dan authority ( kewenangan ) mereka masing-masing yang diatur berdasarkan undang-undang di negara ini. Dalam beberapa kesempatan, kekuasaan dan politik Indonesia juga merupakan hal yang berbeda, kekuasaan biasanya terdapat dalam suatu organisasi ( pekerjaan ), seperti contoh: seorang polisi mempunyai kekuasaan dalam menghentikan setiap kendaraan yang melintas, dikarenakan polisi juga mempunyai tugas untuk pengaturan lalu lintas. Dengan demikian dapat disimpulkan biasanya kekuasaan dipunyai dikarenakan adanya tugas pada si empunya kekuasaa.
Politik di Indonesia tidak hanya dipunyai oleh lembaga negara, tetapi banyak juga pihak-pihak swasta yang mempengaruhi politik di Indonesia, dan bahkan tidak sedikit yang dipengaruhi oleh pihak asing ( politik luar negeri ).
Faktor-faktor terpilihnya seseorang atau organisasi dalam mendapatkan suatu kekuasaan:
– Faktor kesiapan ( mental )
– Faktor pengalaman
– Faktor kepercayaan
– Faktor pendidikan , dll.
Faktor –faktor yang mempengaruhi suatu pilotik:
– Faktor pengendali poiltik ( penguasa politik )
– Faktor peluang
– Faktor sumber daya
– Faktor keamanan,dll.
Dengan demikian apabila dalam suatu negara dapat memadukan kedua faktor tersebut dengan baik maka dapat dipastikan kekuasaan politik dinegara tersebut akan baik dan dapat memajukan negara tersebut.

Sumber:
http://www.wikipedia.com

By christin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s