Konflik Organisasi

Konflik Organisasi
Konflik adalah proses sosial dua orang atau lebih dimana salah satunya menghancurkan yang lain.
Dalam suatu organisasi sering terdapat konflik, hal ini sering terjadi dikarenakan adanya perbedaan visi, pola pikir dan cara pandang tiap orang walaupun untuk satu tujuan, karena untuk mencapai tujuan dan hasil tertentu banyak cara atau metode untuk mencapainya. Konflik terjadi dalam suatu organisasi bisa dikarenakan konflik intern antar anggota atau antar atasan ( ketua ) dan anggotanya. Juga ada konflik ekstern yaitu antara suatu organisasi dengan organnisasi lain, atau antara organisasi dan penyelenggara ( yang memberikan order atau pekerjaan tertentu terhadap organisasi tersebut.
– Konflik intern organisasi
Konflik intern organisasi adalah suatu konflik atau permasalan yang terjadi dalam suatu organisasi karena adanya perbedaan atau masalah lain yang terjadi antar anggota organisasi atau dengan atasan organisasi tersebut. Konflik intern organisasi sering sekali terjadi dalam suatu organisasi banyak hal yang menyebabkan konflik intern terjadi diantaranya:
• Masalah perbedaan visi atau pola pandang
• Perbedaan metode atau cara pencapaian tujuan
• Masalah antar kelompok atau bagian
• Masalah pribadi antar anggota organisasi,dll.
Konflik intern suatu organisasi biasanya terjadi bukan kerena masalah yang besar tetapi apabila tidak diselesaikan maka konflik tersebut akan dapat merusak tujuan ( target pencapaian ) organisasi atau bahkan organisasi itu sendiri.
– Konflik ekstern organisasi
Konflik ekstern organisasi adalah konflik atau masalah yang terjadi dalam suatu organisasi karena adanya perbedaan atau masalah lain yang terjadi antara suatu organisasi dengan pihak-pihak lain dalam mencapai atau hasil dari suatu tujuan.
Hal-hal yang membuat terjadinya konflik ekstern organisasi, diantaranya:
• Adanya perbedaan hasil antara hasil yang dicapai dan permintaan penyelenggara
• Adanya masalah yang terjadi antara organisasi dengan pihak-pihak yang membantu organisasi tersebut
• Adanya permasalahan non teknis seperti cuaca, perlengkapan atau peralatan sehingga target pencapaian gagal,dll.
Seperti kita ketahui konflik ekstern adalah hal yang paling berbahaya dalam suatu organisasi karena konflik ini menyangkut reputasi dan masa depan organisasi sehingga hal ini sedapat mungkin dihindari. Sebenarnya konflik dalam suatu organisasi dapat kita kurangi bahkan hilangkan apabila kita dapat berlapang dada dan menerapkan komunikasi yang terbuka sehingga masalah apapun dapat di musyawarakan dan dicari solusi terbaik penyelesainnya.

By christin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s