Perilaku Organisasi

Perilaku Organisasi
Perilaku adalah tingkah laku dan tindak tanduk seseorang dalam menjalani kehidupan. Maka perilaku organisasi adalah segala kegiatan tindakan dari suatu organisasi dalam menjalani setiap pekerjaan atau tugas yang diberikan dengan berlandaskan sistem organisasi tersebut.
Perilaku organisasi sekarang telah dijadikan bidang studi tentang organisasi yang khusus mempelajari tentang organisasi yang mencakup pemanfaatan metode dari berbagai cabang ilmu seperti ekonomi, sosiologi, politi dan ilmu psikologi. Dalam hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan sumber daya manusia ( SDM ) yang berkualitas dalam suatu organisasi, sehingga mendukung tujuan atau hasil yang akan dicapai organisasi tersebut.
Dalam pelaksanaannya organisasi berguna untuk melatih pribadi dalam berinteraksi antar kelompok organisasi, sehingga terjadi keharmonisan dan ketertiban dalam proses pengorganisasian, karena dengan proses pengorganisasian yang baik akan mendapatkan hasil yang baik pula.
Disiplin-disiplin lain yang terkait dengan studi ini adalah studi tentang sumber daya manusia dan psikologi industri. Seperti halnya ilmu sosial, perilaku organisasi berusaha untuk mengontrol, memprediksikan, dan menjelaskan. Namun ada sejumlah kontroversi mengenai dampak etis dari pemusatan perhatian terhadap perilaku pekerja.
Karena itu, ilmu ini (dan studi yang berdekatan dengannya, yaitu psikologi industri) kadang-kadang dituduh telah menjadi alat ilmiah bagi pihak yang berkuasa. Terlepas dari tuduhan-tuduhan itu, ilmu ini dapat memainkan peranan penting dalam perkembangan organisasi dan keberhasilan kerja.
Ada tiga tingkatan analisis pada perilaku organisasi, yaitu :
• Individu
• Kelompok
• Organisasi
Adapun empat unsur utama perilaku organisasi antara lain :
• Pandangan psikologi
• Pandangan ekonomi
• Pandangan bahwa individu dipengaruhi aturan org. dan pemimpinnya
• Pandangan tentang penekanan kepada tuntutan manajer untuk mencapai tujuan organisasi.

http://www.anneahira.com/artikel-umum/perilaku-organisasi.htm
id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_organisasi

By christin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s